Ronald Koeman, Menolak Disalahkan Atas Kepergian Luis Suarez

jadwalbolanet – Pelatih Barcelona, Ronald Koeman, menolak disalahkan atas kepergian Luis Suarez ke Atletico Madrid. Koeman menegaskan, bahwa manajemen Barcelona yang telah memutuskan untuk melepas striker asal Uruguay itu.

Sebelumnya, Suarez sempat mengatakan, kedatangan Koeman sebagai pelatih baru El Barca menjadi penyebab jokerbola ia harus meninggalkan Camp Nou. Suarez mengakui, telah dihubungi Koeman bahwa dirinya tidak masuk ke dalam rencananya.

Bahkan, keputusan untuk menjual Suarez kabarnya tidak disukai oleh megabintang Barcelona, Lionel Messi. Keputusan ini disebut juga sebagai faktor pendorong Messi ingin hengkang dari Azulgrana pada Juli lalu.

Setelah Suarez resmi berlabuh ke Atletico, Messi dan beberapa eks pemain Barcelona seperti Neymar serta Dani Alves ramai-ramai mengecam keputusan manajemen Blaugrana. Dari berbagai kecaman itu, Koeman pun ikut terseret.

Namun, Koeman menerangkan, penjualan Suarez murni bukan karena keinginan dirinya. Menurut pelatih asal Belanda itu, pelepasan Suarez lantaran pihak klub yang menginginkannya.

“Saya seolah-olah tampak seperti penjahat dalam film, tapi sebenarnya tidak seperti itu. Sejak awal, saya selalu menunjukkan respek kepada dia (Suarez). Saat dia masih di sini, dia masih berlatih dengan optimal,” kata Koeman, seperti dikutip Sport, Minggu 27 September 2020.

“Saya bilang kepada dia bahwa dia akan sulit untuk bermain kalau tetap bertahan. Sebab, sebelum saya teken kontrak, klub sudah memutuskan untuk melakukan banyak perubahan dan saya mendukung keputusan itu,” ujarnya.

Lebih lanjut, Koeman menambahkan, bahwa dirinya memiliki hubungan yang cukup baik dengan Suarez. Bahkan, Koeman sempat mengajak Suarez berbicara tentang masa depan.

“Luis dan saya saling menghormati dan berbicara secara terbuka tentang masa depan. Sekarang dia mempunyai kesempatan untuk klub seperti Atletico dan saya mengharapkan yang terbaik untuk dia,” ucapnya.