Kritikan Keras Pemilihan Stadion Final Liga Europa

Kritikan Keras Pemilihan Stadion Final Liga Europa

Jadwalbolanet – Tempat final Liga Eropa adalah pusat perhatian karena itu berarti bahwa Arsenal tidak dapat bermain dengan salah satu pemainnya, Henrikh Mkhitaryan. Pemain The Gunners, Laurent Koscielny, juga menyumbangkan kritiknya ke UEFA.

Seperti diketahui, UEFA memilih Stadion Olimpiade Baku, yang berlokasi di Azerbaijan, untuk menjadi tuan rumah final Liga Eropa musim ini. Dan final musim ini akan mempertemukan dua raksasa Inggris, Arsenal dan Chelsea.

Pertanyaan tempat itu sebenarnya sudah lama diketahui. Tapi tidak ada yang akan menduga bahwa kontroversi antara negara-negara di sekitar kota tempat pertandingan berlangsung akan membuat Arsenal tidak dapat tampil dengan semua kekuatannya.

Ya, pemain Arsenal yang dipastikan absen pada laga penting itu adalah Henrikh Mkhitaryan. Mantan penggawa Manchester United tersebut berasal dari negara Armenia, yang diketahui sedang mengalami masalah dengan Azerbaijan terkait kota Baku.

Demi menghormati negaranya, ia memutuskan untuk tidak ikut serta dalam laga itu. Ini bukan kali pertama Mkhitaryan absen dalam laga yang berlangsung di Baku. Batang hidungnya juga tak terlihat saat Arsenal melawat ke markas Qarabag FK bulan Oktober lalu.

Baca juga : Alasan Demi Alasan Mengapa Manchester United Kalah

Alhasil, UEFA kini berada dalam sorotan. Banyak yang mengkritik keputusan federasi sepak bola tertinggi di Eropa tersebut karena memilih kota yang sedang mengalami polemik. Salah satu kritikan terlontar dari mulut bek Arsenal, Laurent Koscielny.

“Saya pikir UEFA harus paham soal masalah-masalah yang bisa terjadi dengan politik di negara ini. Saat sebuah negara sedang bermasalah dengan negara lainnya, mereka seharusnya tidak menggelar laga final di sana,” tutur Koscielny kepada BBC Radio 5 Live.

Koscielny jelas kesal dengan pemilihan stadion tersebut, sebab timnya jadi tak bisa tampil dengan kekuatan penuhnya. Apalagi peran Mkhitaryan terbilang krusial untuk Arsenal di saat performa Mesut Ozil sedang naik turun belakangan ini.

“Saya tidak terlalu senang, karena kami harus meninggalkan seorang pemain di sini, dia tidak bisa bermain di final. Bagi kami ini menyulitkan sebab kami ingin Micki turut serta. Dia adalah pemain yang penting,” tandasnya.

Selain Mkhitaryan, Arsenal juga tidak akan diperkuat oleh pemain penting lainnya, Aaron Ramsey. Gelandang yang sudah dipastikan berseragam Juventus musim depan tersebut harus menepi untuk sementara karena mengalami cedera.